Apa Saja Manfaat Biopori Yang Perlu Anda Ketahui?



Banyak sekali manfaat biopori yang akan Anda temukan disini diantaranya untuk meningkatkan daya resap air pada tanah sehingga diharapkan dengan meningkatnya daya resap air tersebut dapat mengurangi volume laju air pada permukaan tanah, mengurangi genangan air dan secara tidak langsung dapat mengatasi banjir. Itu adalah beberapa hal dari manfaat biopori. Namun sayangnya, banyak pengembang/developer yang menjual perumahan tidak memperhatikan dan menyediakan Lubang Resapan Biopori (LRB) di halaman rumah yang dibangun.

Cara yang paling mudah dan dapat dilakukan adalah dengan membuat lubang pada permukaan saluran air hujan di sekitar rumah, kantor, sekolah dan lain sebagainya, di sekeliling pohon/tanaman, serta pada tanah kosong antara tanaman. 

Selanjutnya lubang tersebut ditimbun dengan sampah organik atau dedaunan untuk menghasilkan kompos. Kompos yang dihasilkan nantinya akan menghidupi fauna tanah dan dari aktifitas fauna tanah tersebut akan menghasilkan pori-pori di dalam lubang tersebut. Dari pori-pori inilah nantinya air hujan maupun air limbah rumah tangga akan terserap masuk ke dalam tanah. 

Selain manfaat-manfaat diatas, ada 9 manfaat biopori lainnya sbb :
  1. Memaksimalkan resapan air yang masuk ke dalam tanah
  2. Menambah volume air tanah
  3. Menjadi media untuk menghasilkan kompos
Halaman selanjutnya
1   2


Anda tertarik ingin buat Lubang Biopori atau Sumur Resapan ?....Klik Disini


SAVE THE WATER...KEMBALIKAN DIA KE DALAM TANAH

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel Seputar Biopori dan Sumur Resapan

Post a Comment